Wisata

Mirip Masjid Nabawi, Masjid Ar Rahman Diwacanakan Jadi Wisata Religi Kota Blitar

Rabu, 17 Maret 2021 - 17:16
Mirip Masjid Nabawi, Masjid Ar Rahman Diwacanakan Jadi Wisata Religi Kota Blitar Penampakan Masjid Ar Rahman pada malam hari (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)

TIMES WAMENA, BLITAR – Desain Masjid Ar Rahman di Jalan Ciliwung, Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar mirip Masjid Nabawi Madinah Arab Saudi. 

Masjid yang diresmikan pada 25 Desember 2019 itupun sekarang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daearah. Usai beribadah, tak sedikit para pengunjung yang berswafoto di masjid tersebut.

Masjid Ar Rahman 2Bentuk ornamen di dalam masjid Masjid Ar Rahman (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)

Oleh sebab itu, Wali Kota Blitar Santoso menilai masjid Ar Rahman bisa dijadikan sebagai destinasi wisata religi baru untuk melengkapi destinasi wisata yang sudah ada di Kota Blitar.

"Dengan menjadi tujuan warga baik dari kota Blitar maupun luar kota. Tentunya masjid ini menarik untuk dijadikan wisata religi," ujarnya, Rabu (17/3/2021).

Untuk mendukung wacana tersebut, Pemkot Blitar merencanakan pembangunan jembatan di sebelah timur masjid Ar Rahman. Santoso mengatakan pihaknya juga telah menggelar rapat audiensi bersama tim pembangunan jembatan, Mayangkara Group selaku pengelola masjid dan beberapa OPD terkait.

"Pembangunan jembatan ini untuk memudahkan akses masyarakat nantinya. Sesuai rencana, pembangunan jembatan akan dimulai pada April 2021," jelas Santoso.

Santoso berharap, dengan dijadikannya Masjid Ar Rahman menjadi destinasi wisata religi dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Tidak hanya itu, yang terpenting adalah masyarakat dapat  beribadah dengan nyaman dan khusyuk di masjid tersebut.

"Oleh karena itu, kita mendorong bagaimana proses penyelesaian pembagunan jembatan itu bisa segera selesai," tegasnya.

Dilansir dari detik.com, Masjid Ar Rahman berdiri megah di Kota Blitar yang berdiri di atas lahan seluas hampir 5.000 meter persegi.

Masjid itu merupakan obsesi Abah Hariyanto seorang pengusaha ternama di Kota Blitar. Dari pengalaman spiritual yang sangat mendalam ketika naik haji pertama kali di Masjid Nabawi, membuat Abah Hariyanto ingin setiap saat bisa merasakan berada di suasana khusyuk ketika beribadah.

Ketua Takmir Masjid Ar Rahman H. Moch Fuad Saiful Anam menceritakan, keinginan Abah membangun miniatur Masjid Nabawi di Blitar ada sejak tahun 2018. Peletakan batu pertama pembangunan masjid di Jalan Ciliwung ini pada 24 Desember 2018. Dan selesai proses pembangunan pada 25 Desember 2019. Bahkan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan langsung Masjid Ar Rahman di Kota Blitar tersebut pada 25 Desember 2019. (*)

Pewarta : Muhammad Sholeh
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Wamena just now

Welcome to TIMES Wamena

TIMES Wamena is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.