https://wamena.times.co.id/
Berita

Pelindo Waingapu Tingkatkan Layanan Antisipasi Puncak Arus Balik Lebaran di Sumba Timur

Selasa, 23 April 2024 - 18:54
Pelindo Waingapu Tingkatkan Layanan Antisipasi Puncak Arus Balik Lebaran di Sumba Timur Petugas Pelindo Waingapu bersama aparat saat melakukan pelayanan dan pengawasan di pintu masuk pelabuhan Waingapu. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMES WAMENA, SUMBA TIMUR – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Waingapu berupaya mengantisipasi arus balik Lebaran 2024 di Sumba Timur dengan meningkatan layanan fasilitas penumpang. Hal itu dilakukan seiring bertambahnya jumlah arus balik penumpang.

“Kami terus melakukan layanan terbaik bagi penumpang agar semua berjalan lancar dan selamat sampai tujuan selama arus balik Lebaran 2024,” kata General Manager (GM) PT Pelindo Waingapu Firman Fahruraji saat dikonfirmasi Selasa (23/4/2024)

Adapun, tambah Firman, penambahan fasilitas yang cukup nampak dan penting antara lain penerangan menggunakan lampu high mast dengan daya sorot tajam. Hal ini, tentunya semakin memudahkan layanan penumpang dengan jadwal malam dan subuh di Pelabuhan Waingapu.

Peningkatan layanan pun dilakukan dengan alokasi ruang tunggu kendaraan, pengantar, dan penjemputan dengan alokasi RTK maka dapat menampung 40-50 kendaraan. Dengan demikian, total daya tampung parkir kendaraan antar jemput kurang lebih 80-90 unit yang terpisah menjadi dua titik.

Firman menyebut, Pelindo menyediakan Posko Pelayanan bersama yang melibatkan instansi KSOP selaku regulator pelabuhan, KP3 Laut, Pol Air, Pos AL Waingapu bersama PT Pelni, ASDP, dan PT DLU selaku operator kapal.

“Diharapkan dengan adanya Posko bersama dapat memudahkan penumpang dalam mengakses informasi dan peningatan layanan keamanan selama berada di dalam area pelabuhan,” ujarnya.

Menurutnya, Pelindo terus melakukan perbaikan dalam peningkatan layanan guna mengantiipasi lonjakan arus penumpang dan barang dengan berkolaborasi bersama stakeholder terkait, khususnya Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Waingapu selaku regulator pelabuhan.

“Dalam bulan April ini jumlah penumpang yang naik melalui Pelabuhan Waingapu mencapai 4.410 orang sedangkan penumpang turun sejumlah 3.733 orang,” jelas Firman.

GM PT Pelindo Waingapu ini menambahkan, diharapkan dengan ketertiban berbagai pihak dalam arus balik mudik tahun ini dapat meningkatkan layanan tehadap penumpang yang singgah di Pelabuhan Waingapu. (*)

Pewarta : Moh Habibudin
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Wamena just now

Welcome to TIMES Wamena

TIMES Wamena is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.